Akhirnya Iklan Google Adsense Tidak Tampil, Solusinya?

Saya penasaran sama google adsense (orang yang sudah biasa menyebutnya GA). Penasaran karena beberapa kali daftar tidak pernah lolos. Terutama pada tahap review ke dua. Hmm...sempat putus asa dan merasa lelah. Lelah karena sudah berusaha sedemekian rupa, memperbaiki apa yang kurang dan dilarang, tetap tak pernah lolos.

Ya sudahlah..

Eh tapi, kemarin, tepatnya tanggal 2 februari 2016, saya melihat sebuah acara di salah satu tv swasta terkemuka. Dalam acara tv itu membahas bagaimana seseorang bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dari videonya yang diunggah di youtube. Saya tidak heran kalaupun si pembawa acara tidak menanyakan pada tamunya, -yang saat itu seorang youtubers berpenghasilan puluhan juta per bulan-, bagaimana dia mendapatkan uang puluhan juta hanya dari unggahan videonya di youtube?

Namun, si pembawa acara menanyakan pula hal itu. Saya sudah menduga bahwa pendapatannya tentu dari iklan yang tampil di dalam video tersebut. Iklan dari google adsense yang sangat fenomenal itu. Dengan viewer (baca: orang yang melihat video) sampai puluhan ribu perhari tentu tidak heran jika dalam sebulan orang tersebut mendapat bayaran yang cukup besar.

Dari orang-orang seperti ini saya mulai termotivasi kembali untuk menekuni blog yang saya campakkan belakangan ini. Saya termotivasi untuk memiliki akun google adsense yang cukup sulit didapatkan.

Hari esok setelah saya melihat acara tersebut saya membuka kembali blog yang saya tinggalkan. Saya mulai menulis lagi. Memberikan tutorial-tutorial yang mungkin nanti berguna bagi pembaca blog saya.

Saya mendaftar google adsense langsung dari blogger (hosted akun). Pasang script dan beberapa saat iklan langsung muncul walaupun tidak relevan dengan isi konten. Ya mungkin lagi tahap percobaan saya pikir. Saya utak atik lagi nambah script di header yang agak besar, karena, waktu itu hanya sidebar dan di bawah posting iklan GA yang ditampilkan. Saya pasang yang responsif, biar iklan tetap terlihat baik di semua perangkat, termasuk mobile. Iklanpun tampil dengan sempurna, di desktop maupun di mobile version.

Beberapa jam kemudian iklan yang tadinya muncul tiba-tiba hilang, space polos putih. Wah gimana ini? Saya cari tutorial dan pengalaman-pengalaman dari blogger lainnya. Namun tidak mendapatkan solusi yang diharapkan. Kebanyakan isinya sama.

Sayapun mencoba sendiri dengan langkah awal mencopot script iklan yang terakhir dipasang namun masih tidak tampil. Langkah ke dua dengan mencopot sebagian javascript yang mungkin bertentangan dengan script iklan dari GA, tetap tidak bisa tampil. Langkah terakhir sebelum akhirnya saya biarkan adalah dengan mengganti script iklan yang ada dengan yang baru. Hasil? tetap tidak tampil. Akhirnya seperti yang saya bilang, saya biarkan saja lagian leher udah mulai pegal. Saya tunggu saja mungkin hingga dua hari atau mungkin satu minggu. Hingga tulisan ini dibuat akun GA saya masih aktif dan tidak ada peringatan tertentu dari google. Tapi iklan masih tetap tidak muncul.

Adakah teman yang berpengalaman hal yang sama dengan saya? Mari share di kolom komentar.
Terima kasih.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Akhirnya Iklan Google Adsense Tidak Tampil, Solusinya?"

Post a Comment