Cara Membuat Sendiri Papan Iklan Neon Box Namun Terlihat Elegan

Ini pengalaman saya membuat sendiri papan iklan neon box berawal dari keinginan saya untuk membantu saudara saya dalam mengembangkan bisnis counter pulsanya.

Biayanya relatif murah jika dibandingkan dengan memesan langsung ke jasa percetakan atau pembuatan papan iklan reklame yang ada di Kota Serang, Banten. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan neon box ini adalah sebagai berikut:

Alat
  • Gergaji kayu
  • Meteran
  • Serutan kayu
  • Palu
  • Gunting seng
  • Bor listrik dengan mata bor ukuran 3mm
  • Solder
 Bahan
Jika semua alat dan bahan telah siap saatnya kita beraksi.

Pertama-tama kita tentukan ukuran neon box yang akan kita buat. Waktu itu yang saya buat ukuran 90 cm x 60 cm dengan posisi berdiri atau vertikal. Jika ukuran telah ditentukan maka yang dilakukan selanjutnya adalah memotong papan sesuai ukuran yang diperlukan tadi.

Ukuran papan yang saya potong waktu itu panjang 90 cm dan lebarnya 7 cm. Ketebalan papan kira-kira 2,5 cm. Buatlah ukuran ini sebanyak dua lembar.

Selanjutnya potong papan dengan ukuran 60 cm dan lebarnya sama seperti yang tadi 7 cm. Ketebalan juga sama 2,5 cm. Buat juga sebanyak dua lembar papan.

Usahakan agar bagian tepi dan kedua sisi papan dibuat menjadi rata dan pas ukuran satu sama lainnya agar hasil akhir menjadi rapih. Gunakanlah serutan kayu untuk meratakannya.

Setelah semua papan (4 bilah tadi) dipresisi sedemikian rupa maka tindakan selanjutnya adalah menggabungkan papan tersebut dengan paku reng yang telah disediakan sehingga membentuk kotak persegi panjang dengan tinggi 90 cm dan lebar 60 cm.

Hati-hati saat menancapkan paku pada papan, usahakan agar tidak belah papannya. Pelan-pelan saja. Nah, kalau mau aman bor terlebih dahulu kayunya sehingga ada lubang yang terbentuk untuk dapat dimasukkan paku. Cara ini cukup aman.

Kotak kayu sudah terbentuk dan catlah kayu ini dengan cat kayu warna putih. Fungsinya agar cahaya lampu LED nanti terlihat lebih merata karena pancaran warna putih ini. Selain itu cat ini juga akan membuat kayu lebih kuat dan tahan dari serangan rayap.


Diamkan hingga cat mengering. Selanjutnya pasang lampu LED flexible strip di bagian dalam kotak pas tengah-tengah papan. Agar tahan dari goncangan lem pake lem lilin bakar dan perkuat lagi dengan diapit seng yang dipotong kecil memanjang lalu paku kedua ujungnya dengan paku kecil. Seperti ini:


Tes lampunya apakah menyala. Selanjutnya pasang spanduk backlite yang telah dicetak di percetakan sebelumnya. Waktu itu saya habis 200ribu untuk 2 lembar spanduk tipe backlite. Kenapa harus tipe backlite katanya biar hasil akhirnya lebih keren dan terlihat menyala rata.

Saat pemasangan spanduk ini usahakan serapih mungkin jangan sampai ada kerutan karena nantinya akan terlihat jelek. Paku sisi-sisi spanduk yang menempel di papan dengan paku kecil. Lebih afdol lagi dengan menggunakan hekter besar seperti miliknya tukang bikin jok motor itu loh. Pakai itu akan lebih kencang dan kokoh spanduknya.

Lakukan hal sama terhadap sisi kotak kayu yang lainnya.

Setelah semua banner/spanduk terpasang di ke dua sisi, tes lagi lampunya apakah menyala. Dikhawatirkan mati gara-gara kena goncangan saat memasang spanduk tadi. Jika tak ada masalah langsung ke langkah berikutnya. Hasil tes sebelum ke tahap finishing:



Tahap finishing

Potong seng alumunium menggunakan gunting seng sesuai lebar dari papan yaitu 7 cm. Panjangnya sesuaikan dengan lingkar panjang kotak neon box ini. Berarti 90+90+60+60=180+120=300cm=3 meter. Fungsinya untuk menutupi bagian sisi papan agar terlihat rapi dan elegan.


Agar bagian ujungnya dan sisi-sisi sikunya tidak menampakan potongan seng, tutup dengan list alumunium tipe L yang kecil. Dengan begitu akan terlihat rapih dan elegan seperti beli dari produsen langsung.

Hasil akhir di waktu malam:


Pembuatan neon box telah selesai tinggal bikin tiang untuk menyangganya dan pasang di tepi jalan. Neon box ini tahan segala macam cuaca. Hujan, panas, tidak berpengaruh. Tetap menyala dan kokoh.

Waktu pembuatan tiang saya beli pipa ukuran 2 inchi seharga 200rb per batang dengan ukuran 6 meter. Cukup untuk dibentuk agar bisa menahan neon box yang ringan ini. Bentuk tiangnya di tukang las. Bayar 50rb waktu itu.

Mohon maaf jika kurang lengkap foto dan caranya. Harap maklum. Jika kurang paham tulis di kolom komentar. InshaAllah saya jawab. Terima kasih atas perhatiannya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Membuat Sendiri Papan Iklan Neon Box Namun Terlihat Elegan"

Post a Comment